Cara Setting Emulator PS1 ePSXe Android

Cara Setting dan Bermain Emulator PS1 / ePSXe Android dengan Lancar – Beberapa waktu lalu saat saya memberikan artikel mengenai Aplikasi Emulator PS 1 ada yang bertanya mengenai Cara Setting Emulator PSX di Android agar tidak mengalami masalah lag atau force close. Nah memang cara settingnya mudah tapi bila terdapat kesalahan tentu game tidak dapat dimainkan, selain itu saya berikan tips ringan yang membantu untuk membuat grafik game lebih jernih dan tidak pecah saat dimainkan pada layar Android.

Cara Setting Emulator PS1 ePSXe Android

Emulator PSX menjadi salah satu aplikasi game yang banyak diinstall di Android karena game game yang hadir memiliki mode permainan menarik serta juga kualitas grafik tinggi, Nah tapi ada banyak keluhan jika emulator game menurunkan kualitas grafik game dari layar dan suara bahkan ada yang mengalami gambar menjadi pecah. Yang harus dilihat jika mengalami masalah seperti ini adalah OS Smartphone, ukuran RAM dan spesifikasi lainnya. Untuk ePSXe RAM Android 1 GB saja sudah layak memainkan game berkualitas tinggi, tambahan plugin diperlukan agar kualitas game dapat maksimal bekerja di Android Anda. Langsung saja simak tutorial-tutorial dari saya di bawah ini secara lengkap.

Cara Bermain Emulator PS1 / ePSXe di Android :
  • Anda harus memiliki Emulator PS 1 terlebih dulu. Install Emulator PS1 2.0 Versi Terbaru agar fitur terbaru yang diberikan sudah dapat Anda manfaatkan juga.
  • Berikutnya Anda harus mempunyai  file game PSX di Android Anda untuk mencoba aplikasi ini Anda jika Anda masih belum memiliki game PSX bisa mencoba game Harvest Moon PSX d Android.
  • Nah sampai tahap ini saya anggap Anda telah memiliki dua syarat diatas. Langsung browse game yang ingin Anda mainkan dengan melakukan rescan jika game tersebut masih dalam format ekstensi ISO.PBP.BIN.
  • Jika mengalami masalah file tidak jalan,kemungkinan file berekstensi RAR. Anda bisa ekstrak file terlebih dulu, biasanya game langsung bisa jalan dan dimainkan.

Game PSX sudah dapat dimainkan tapi terdapat masalah mengenai kualitas game ? Hal yang paling umum terjadi adalah gambar pecah, tidak jernih dan kualitas suara renyek. Bagi yang mengalami masalah seperti ini bisa mengunduh Plugin Peopsxgl. Plugin ini dapat membantu Anda memaksimalkan kinerja Android. Setelah ada filenya pindahkan pada menu kartu memori / SD Card Android agar dengan mudah digunakan.

Cara Setting Emulator PS1 ePSXe Android

Cara Menggunakan Plugin PSX di Android :
  • Saat menjalankan aplikasi ePSXe lalu masuk pada menu preference dan pilih pada Gpu Plugins dan pilih peopsxgl. Nah Anda bisa melakukan setting bagian menu video renderer untuk memaksimalkan kualitasnnya Anda pilih bagian peopsxgl/openGL Plugin. 
  • Kelebihan dari aplikasi Plugin ePSXe ini terdapat masalah gambar pada awalnya, tapi setelah game berjalan kualitas game akan membaik, saya telah membuktikan sendiri pada handphone Xiaomi.

Cara Setting ePSXe pada Touchscreen Game Pad :
  • Masalah dengan touchscreen game pad adalah ukuran layarnya. Anda dapat mengubah ukuran layar gamepad dengan memilih menu Pad1 pada menu Format Editor lalu sesuaikan ukuran dengan menu resize, sesuaikan sendiri ukuran dengan layar Android Anda.
  • Menu Mode Vibration juga harus Anda aktifkan dengan memilih menu Enable vibration on Touchscreen button hal ini agar saat menekan tombol pada layar sentuh menjadi memberikan efek sehingga Anda dapat membedakan sudah menekan atau belum dan bermain menjadi lebih menyenangkan.

Cara Menggunakan Save Game Data di Emulator PSX Untuk Android :
  • Save Data berfungsi untuk membuat game menjadi lebih cepat. Seperti misalnya dalam game pertarungan yang belum semua karakter terbuka, untuk hal tersebut diperlukan waktu lama menyelesaikan misi, nah dengan bantuan save data hal tersebut tidak menjadi kendala karena Anda tinggal mengunduh save data dan menaruhnya pada folder game. Cara awalnya dengan pilih menu setting di emulator Anda lalu pilih save state, pilih opsi game jika mengalami kendala.
  • Untuk melakukan load data game juga cukup mudah dengan menu tombol setting dan pilih Load State atau Anda pilih load langsung dari game yang dimainkan.

Demikianlah informasi tips dari saya mengenai Emulator PS 1, jika terdapat masalah untuk mengikuti tutorial diatas bisa memberikannya pada kolom komentar, semoga artikel Cara Setting dan Memaksimalkan Kualitas Emulator PS1 / ePSXe Android dapat bermanfaat.


Blog, Updated at: Juni 26, 2017

0 komentar:

Posting Komentar